Latest News

SKRIPSI PTK MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER

(KODE : PTK-0162) : SKRIPSI PTK MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER (BIMBINGAN KONSELING KELAS VIII)



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Berdasarkan hasil analisis angket yang diberikan kepada siswa oleh guru BK SMPN X, menunjukan bahwa persentase minat siswa melanjutkan studi ke SMK pada tahun 2012 yaitu 30,55%. Sedangkan menurut peta perencanaan yang dibuat pemerintah, direncanakan rasio SMK dibanding SMA pada tahun 2010 sekitar 50 : 50 dan pada tahun 2015 sekitar 70 : 30 (Depdiknas 2006). Dengan demikian apabila peta perencanaan tersebut dibandingkan dengan persentase minat siswa SMPN X untuk studi lanjut ke SMK pada tahun 2012 masih dibawah rasio perbandingan SMA dan SMK tahun 2010 dan tahun 2015 sehingga persentase dikategorikan rendah.
Selanjutnya untuk memperdalam data dari hasil analisis angket yang dilakukan oleh guru BK maka dilakukan wawancara dengan guru BK SMPN X sehingga diketahui bahwa rendahnya minat siswa melanjutkan studi ke SMK di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa diperoleh guru BK melalui wawancara dengan siswa dan orang tua siswa. Faktor internal tersebut meliputi; (a) kurangnya pemahaman siswa tentang SMK (b) kurangnya ketertarikan siswa untuk melanjutkan studi ke SMK, (c) kemampuan siswa untuk melanjutkan studi, sehingga orang tua menyarankan siswa untuk masuk SMK dari pada tidak sekolah sama sekali akan tetapi sekolah di SMK tersebut bukan keinginan dari siswa sendiri bahkan siswa tidak tahu sebenarnya tujuan yang akan dicapai pada saat sekolah dan setelah lulus, (d) siswa mempersepsikan bahwa lulusan SMK tidak bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi karena lulusan SMK hanya bagi siswa yang ingin kerja setelah lulus.
Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa melanjutkan studi ke SMK, yaitu (a) latar belakang orang tua siswa termasuk kategori menengah ke bawah hal tersebut dapat terlihat dari pekerjaan orang tua siswa yang didominasi sebagai petani, buruh bangunan, pengrajin anyaman, buruh di sawah, pedagang, hal itu membuat orang tua tidak yakin mampu menyekolahkan anaknya sampai ke Perguruan Tinggi, (b) faktor ekonomi keluarga yang menyebabkan siswa dan orang tua kurang menyadari tentang pentingnya pendidikan sehingga mendorong siswa untuk bekerja ke luar kota setelah lulus SMP, (c) jarak sekolah (SMK) yang jauh dari tempat tinggal, (d) Minimnya SMK yang ada di Kecamatan X sehingga jika siswa berkeinginan melanjutkan ke SMK maka harus ke kota yang membutuhkan biaya banyak, (e) SMK yang ada di Kecamatan X belum berkembang dan kurangnya tenaga pendidik serta fasilitasnya, (f) Siswa lebih memilih sekolah di SMA dari pada SMK karena di Kecamatan X kualitas SMA lebih bagus dari pada SMK, (g) kurangnya dukungan orang tua terhadap pendidikan anaknya, (h) kurang maksimalnya guru BK dalam memberikan layanan klasikal khususnya layanan informasi.
Di samping itu (i) masyarakat mempersepsikan bahwa siswa SMK banyak yang nakal dan mempersepsikan bahwa lulusan SMK tidak bisa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, (j) faktor lingkungan sekitar yang memiliki sisi positif dan sisi negatif yang mudah mempengaruhi siswa sehingga membuat siswa mempersepsikan bahwa pendidikan bukan hal yang menjamin seseorang menjadi orang sukses dan kaya sehingga memilih merantau ke luar kota untuk bekerja dengan ikut saudara tanpa memiliki keterampilan untuk bekerja.
Sedangkan dalam dunia kerja dibutuhkan keterampilan dan pendidikan, sehingga dengan kurangnya keterampilan yang dimiliki membuat mereka ada yang tidak tahan lama dan ada yang tahan lama bekerja di luar kota dengan pekerjaan seadanya bahkan ada yang menjadi buruh kasar. Bagi yang tidak tahan lama lebih memilih pulang kampung dan bekerja seadanya bahkan ada yang menganggur. Jadi pendidikan yang diperoleh oleh mereka tidak dapat dimanfaatkan dan bermanfaat dengan baik karena tidak diimbangi dengan keterampilan yang mendukung dunia kerja.
Menurut guru BK SMPN X pada waktu tahun-tahun ajaran tersebut sudah ada layanan klasikal namun pelaksanaannya belum maksimal karena terbatasnya waktu serta fasilitas untuk memberikan layanan klasikal bagi guru BK, mencari informasi lewat internet namun fasilitas internet belum ter akses dengan baik di Kecamatan X, selain itu pada tahun 2007 belum ada SMK di Kecamatan X sehingga siswa kurang memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kurang berminat studi lanjut ke SMK. Di Kecamatan X kualitas SMA lebih bagus dari pada SMK sehingga banyak diminati siswa untuk melanjutkan studi setelah dari SMP.
Dengan demikian fenomena yang ada di lapangan, selain mengenai permasalahan siswa yaitu rendahnya minat studi lanjut ke SMK juga terdapat permasalahan dari pihak sekolah yaitu pada guru BK SMPN X yang belum maksimal dalam melaksanakan layanan informasi.
Bila masalah tersebut tidak ditangani secara baik maka akan berdampak negative bagi beberapa pihak yang bersangkutan diantaranya yang pertama, bagi siswa yaitu kurangnya pengetahuan siswa tentang SMK yang meliputi tujuan, manfaat, prospek karier setelah lulus dari SMK. Kedua, bagi Orang tua, siswa, serta masyarakat akan tetap salah mempersepsikan tentang SMK yang sebenarnya memiliki kualitas dan prospek karier yang bagus buat masa depan siswa setelah lulus. Ketiga, bagi sekolah terutama guru BK jika kurang maksimalnya pelayanan informasi mengenai sekolah lanjutan tidak segera diatasi maka pengetahuan, pemahaman, bakat, dan kompetensi siswa tidak akan berkembang serta pemberian layanan informasi menjadi tidak bervariatif.
Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan layanan informasi karier mengenai sekolah lanjutan yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga siswa mempunyai gambaran yang luas tentang SMK dan menimbulkan minat dari dalam dirinya sendiri untuk masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Disamping itu siswa juga tahu tujuan dan manfaat masuk SMK serta mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap masa depan siswa. Cara penyampaian yang dilakukan dengan memanfaatkan media dan metode yang menarik perhatian siswa terhadap layanan.
Menurut Chamid dan Rochmanudin (2011 : 8) minat adalah suatu keadaan dimana seseorang menaruh perhatian pada sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui, memiliki, mempelajari dan membuktikan. Sedangkan minat studi lanjut ke SMK adalah suatu keadaan dimana seseorang menaruh perhatian dan ketertarikan pada pendidikan serta disertai keinginan untuk mengetahui, memiliki, mempelajari dan membuktikan dengan memilih salah satu pendidikan tersebut serta melaksanakan semua aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya.
Selain itu SMK merupakan sebuah sekolah lanjutan yang didalamnya terdapat berbagai macam program keahlian yang dapat dipilih salah satu dan ditekuninya (Abdul dan Rochmanudin 2010 : 39). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenis pendidikan menengah yang secara khusus mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga kerja terampil tingkat menengah, atau membuka lapangan kerja sendiri secara mandiri serta lulusan SMK dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai dengan keterampilannya masing-masing. Semua itu dibutuhkan fasilitator yaitu guru pembimbing untuk dapat mengarahkan siswa-siswanya dengan pemberian layanan informasi karier mengenai studi lanjut.
Alasan diberikannya layanan informasi karena informasi diperlukan bagi individu yang semakin penting mengingat kegunaan informasi sebagai acuan untuk bersikap dan bertingkah laku sehari-hari, sebagai pertimbangan bagi arah pengembangan diri, dan sebagai dasar pengambilan keputusan. Salah pilih sekolah, salah pilih pekerjaan, seringkali menjadi akibat dari kurangnya informasi. Sedangkan digunakannya media untuk memudahkan siswa memahami materi layanan yang diberikan serta siswa dapat tertarik dengan layanan informasi karier yang biasanya dilakukan hanya dengan ceramah dan siswa diminta untuk mendengarkan guru BK berceramah namun dengan penggunaan media selain karena membantu siswa dalam belajar juga untuk memudahkan guru BK menyampaikan layanan informasi karier yang sekolahnya tidak tersedia fasilitas yang mendukung dapat menggunakan media tradisional atau bagi sekolahnya didukung dengan fasilitas yang memadai dapat menggunakan media modern sehingga siswa tidak bosan dengan jalannya layanan informasi karier mengenai sekolah lanjutan yaitu SMK.
Layanan informasi yaitu suatu layanan yang berguna bagi individu sebagai acuan untuk bersikap dan bertingkah laku sehari-hari, sebagai pertimbangan bagi arah pengembangan diri, dan sebagai dasar pengambilan keputusan (Prayitno 2004 : 2). Sedangkan layanan informasi karir merupakan suatu proses yang dinamis dalam menuju sauatu sasaran pengetahuan mengenai dunia kerja dan pendidikannya. Dengan layanan informasi karir akan secara langsung bisa membantu para siswa untuk memahami dirinya dalam kaitannya dengan dunia kerja, pendidikan, sosial dan masalah-masalah kemasyarakatan lainnya. Disamping itu salah satu cara pembentukan minat studi lanjut ke SMK adalah dengan memberikan informasi yang seluas-luasnya terhadap subjek mengenai objek yang dimaksud.
Berdasarkan permasalahan tersebut yaitu rendahnya minat studi lanjut ke SMK pada siswa serta kurang maksimalnya pelaksanaan layanan informasi karier dalam membentuk minat studi lanjut ke SMK pada siswa maka peneliti ingin melalukan perbaikan dengan "MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS VIII SMPN X". 

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah yang muncul adalah sebagai berikut : 
1. Bagaimana gambaran kondisi awal minat studi lanjut ke SMK pada siswa sebelum mendapatkan layanan informasi karier ?
2. Bagaimana gambaran minat studi lanjut ke SMK pada siswa sesudah mendapatkan layanan informasi karier ?
3. Apakah layanan informasi karier dapat meningkatkan minat studi lanjut ke SMK pada siswa ?

C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui : 
1. Gambaran kondisi awal minat studi lanjut ke SMK pada siswa sebelum mendapatkan layanan informasi karier.
2. Gambaran minat studi lanjut ke SMK pada siswa setelah mendapatkan layanan informasi karier.
3. Peningkatan minat studi lanjut ke SMK melalui layanan informasi karier pada siswa.

D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 
1. Manfaat Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah dan pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling mengenai Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK).
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Kepala Sekolah
1) Kepala Sekolah dapat mengetahui sarana dan prasarana serta fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan dalam bimbingan dan konseling terutama layanan informasi karier.
2) Dapat mengetahui perkembangan dan permasalahan peserta didik mengenai minat studi lanjut ke SMK
b. Bagi Guru Bimbingan dan Konseling
Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan informasi untuk meningkatkan minat studi lanjut siswa ke SMK.
c. Bagi Peneliti
Penelitian ini dapat digunakan peneliti untuk menambah pengalaman dalam melakukan penelitian tindakan dan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian berikutnya terkait dengan peningkatan minat studi lanjut ke SMK.

E. Sistematika Penulisan Skripsi
Sistematika penulisan skripsi digunakan untuk mempermudah dalam menelaah skripsi. Adapun penyusunannya sebagai berikut : 
1. Bagian Awal
Bagian awal skripsi terdiri atas halaman judul, halaman pernyataan, halaman pengesahan, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.
2. Bagian Pokok
Bagian pokok skripsi terdiri atas bab pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, sistematika penulisan skripsi. Bab landasan teori terdiri dari penelitian terdahulu, teori yang mendukung seperti minat studi lanjut ke SMK, layanan informasi karier, peningkatan minat studi lanjut ke SMK melalui layanan informasi karier. Bab metode penelitian terdiri dari jenis penelitian, desain penelitian, fokus penelitian, waktu dan tempat penelitian, subjek penelitian, peran dan posisi penelitian, data dan sumber data, teknik dan alat pengumpulan data, validitas dan reliabilitas, teknik analisis data. Bab hasil penelitian dan pembahasan yang terdiri dari hasil penelitian, pembahasan, keterbatasan penelitian, dan bab penutup yang terdiri dari simpulan dan saran.
3. Bagian Akhir
Bagian akhir skripsi terdiri atas daftar pustaka dan lampiran. 

0 Response to "SKRIPSI PTK MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER"