Latest News

Contoh Makalah Tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan

Contoh Makalah Tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan | Makalah yang akan kami bahas sekarang adalah makalah tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan. Didalam makalah ini akan dibahas sejelas jelasnya apa saja tujuan dan fungsi dari pendidikan. 

Nah, jika ingin melihat isi dari makalah tersebut, silahkan klik link dibawah ini untuk mendownloadnya. 

Download Contoh Makalah Tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan


Dibawah ini saya tampilkan beberapa isi dari makalah tersebut. Semoga dapat anda gunakan sebagai referensi pembuatan makalah anda. 





Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN”.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis (yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.


Yogyakarta,16 Oktober 2014


Penyusun








Seorang calon pendidik hanya dapat melaksanakan tugasnya denganbaik jika memperoleh jawaban yang jelas dan benar tentang apa yang dimaksud pendidikan. Jawaban yang benar tentang pendidikan diperoleh melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsepdasar yang melandasinya, dan wujud pendidikan sebagai sistem.
Ketika semuaunsurpendidikanmengetahuiperannyamasing- masing, makainiakanmempermudahdalammenggapaitujuandaripendidikantersebut. Namun, sekedar mengetahui bukanlah hal yang dianggap cukup.Kesadaran akan pengaplikasian yang penuh keikhlasan adalah sesuatu yang lebih penting karena dalam mendidik dibutuhkan seorang pendidik yang tangguh dan penuh kesabaran dalam menyalurkan segala ilmu yang ia punya.
Maka dari itu kita membuat makalah ini agar dapat lebih memahami fungsi dan tujuan  pendidikan guru dan calon guru.

1.      Apa yang di maksud dengan tujuan pendidikan?
2.      Apa yang dimaksud dengan fungsi pendidikan?

1.      Untuk mengetahui tujuan dan fungsi pendidikan
2.      Untuk memenuhi mata kuliah pengantar pendidikan






Pendidikan diupayakan dengan berawal dari manusia apa adanya (aktualisasi) dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang apa adanya (potensialitas), dan diarahkan menuju terwujudnya manusia yang seharusnya atau manusia yang dicita-citakan (idealitas). Tujuan pendidikan itu tiada lain adalah manusia yang beriman dan bertaqwa kapada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cerdas, berperasaan, berkemauan, dan mampu berkarya; mampu memenuhi berbagai kebutuhan secara wajar, mampu mngendalikan hawa nafsunya; berkepribadian, bermasyarakat dan berbudaya. Implikasinya, pendidikan harus berfungsi untuk mewujudkan (mengembangkan) berbagai potensi yang ada pada manusia dalam konteks dimensi keberagaman, moralitas, moralitas, individualitas/personalitas, sosialitas dan keberbudayaan secara menyeluruh dan terintegrasi. Dengan kata lain, pendidikan berfungsi untuk memanusiakan manusia.
Tujuan Pendidikan Nasional, sesuai dengan Tap MPRS No. XXVI/MPRS/1966 tentang Agama, pendidikan dan kebudayaan, maka dirumuskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia Pancasila sejati berdasarkan pembukaan UUD 1945. Selanjutnya dalam UU No. 2 tahun 1989 ditegaskan lagi bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Fungsi dan tujuan pendidikan dalam UU RI Nomor 20 Tahun 2003,Bab II Pasal 3 disebutkan sebagai berikut,”Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa,bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertangggung jawab”.

1.       Fungsi Pendidikan: serangkaian tugas atau misi yang diemban dan harus dilaksanakan oleh pendidikan
2.       Fungsi pendidikan keluarga, mengembangkan keyakinan beragama, nilai-nilai kebudayaan, nilai moral dan ketrampilan
3.       Fungsi pendidikan sekolah, memberikan berbagai pengetahuan dan ketrampilan serta mengembangkan berbagai nilai dan sikap.
4.       Fungsi pendidikan luar sekolah, mengembangkan pengetahuan dan kemampuan warga masyarakat untuk berperan dalam berbagai bidang kehidupan secara produktif, efisien dan efektif
Menurut Havelock & Huberman (1997: 25),sistem pendidikan suatu negara memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
1.      Untuk menciptakan pemahaman identitas nasional melalui pengajaran sejarah dan peristiwa-peristiwa yang terjadi.
2.      Untuk memberikan bahasa percakapan dan tulis secara umum yang mungkin tidak ada orang yang mengadakan sebelumnya.
3.      Untuk menanamkan seperangkat nilai-nilai sosial politik.
4.      Untuk memberikan seperangkat keterampilan spesifik yang akan memungkinkan ekonomi yang seimbang dan terpadu menjadi kenyataan.













          Tujuan pendidikan menurut UNESCO pada 2015 ada enam tujuan pendidikan yang disepakati secara internasional untuk memenuhi kebutuhan belajar semua anak,remaja dan dewasa.
     Tujuan 1 : Memperluas dan meningkatkan keperawatan dan pendidikan anak usia dini yang komperhensif,terutama bagi anak-anak yang paling rentan dam kurang beruntung.
Tujuan 2 : Memastikan bahwa tahun 2015,semua anak khususnya anak perempuan,anak-anak dalam keadaan sulit dan mereka yang termasuk etnik minoritas,memiliki akses ke pendidikan dasar lengkap,gratis dan wajib dengan kualitas yang baik.
Tujuan 3 : Memastikan kebutuhan belajar semua anak muda dan orang dewasa terpenuhi melalui akses yang adil terhadap pembelajaran yang tepat dan program ketrampilan hidup.
     Tujuan 4 : Mencapai 50 persen perbaikan dalam tingkat keaksaran dewasa menjelang tahun 2015 terutama bagi perempuan,dan akses yang adil pada pendidikan dasar dan berkelanjutan bagi semua orang dewasa

     Tujuan 5 : Menghapus disparitas gender dalam pendidikan dasar dan menengah pada 2005 dan mencapai kesetaraan gender dalam pendidikan pada 2015  dengan fokus jaminan bagi perempuan atas akses penuh dan sama pada prestasi dalam pendidikan dasar dengan kualitas yang baik

     Tujuan 6 : meningkatkan semua akses pendidikan dan memastikan keunggulan semua  sehingga hasil pembelajaran yang diakui dan terukur dicapai oleh semua,terutama aksaran,berhitung,dan ketrampilan hidup yang penting.
Tujuan pendidikan menurut Havelock & Huberman (1977: 35),dalam suatu sistem yang paling besar adalah sistem pendidikan ,termasuk unsur-unsur pendidikan formal dan non formal; yang bertujuan lebih baik unuk pembangunan negara secara keseluruhan melalui penyediaan tenaga kerja yang terampil untuk peranan-peranan yang beragam dan melaluipengajaran pada generasi baru mengenai tujuan –tujuan masyarakat secara menyeluruh dan alat-alat pemenuhan mereka
Ivan Illich (Mudyaharjo,2002:49) berpendapat bahwa suatu sistem pendidikan yang baik harus mempunyai tiga tujuan.
1.    Memberikan kesempatan kepada semua orang untuk bebas dan mudah memperoleh sumber belajar pada setiap saat.
2.    Memungkinkan semua orang yang ingin memberikan pengetahuan mereka kepada orang lain dengan mudah melakukannya,demikian pula bagi yang ingin mendapatkannya.
3.    Menjamin tersedianya masukan umum yang berkenaan dengan pendidikan.
Ivan Illich menekankan pada adanya kebebasan setiap orang untuk memperoleh akses pada sumber-sumber belajar yang memungkinkan mereka leluasa mengembangkan potensi dirinya guna mencapai tujuan hidup mereka.
Tujuan Pendidikan Nasional di Negara Indonesia adalah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia,yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh ,cerdas ,kreatif ,trampil ,disiplin ,beretos kerja ,profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan ruhani.Pendidikan juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan, dan kesetiakawanan sosial serta sadar pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi masa depan. Iklim belajar dan mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan budaya belajar di kalangan masyarakat terus dikembangkan agar tumbuh sikap dan perilaku yang kreatif,inovatif, dan keinginan untuk maju (GBHN,1993: 95).
Berdasarkan kutipan diatas,dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan secara umum adalah mengembangkann segala potensi bawaan manusia secara integral,silmutan,dan berkelanjutan agar menusia mampu melaksanakan tugas dan kewajiban dalam kehidupan guna mencapai kebahagian di masa sekarang dan masa mendatang.




Dimensi-dimensi kehidupan manusia antara lain :
1.      Dimensi religi,berkaitan dengan bagaimana manusia dapat melaksanakan ajaran agamanya (ibadah) yang sifat nya berhubungan langsung antara manusia dengan Tuhannya. Tujuan pendidikan di sini adalah untuk membangun kesadaran beragama,membina, dan meningkatkan pengalaman agama pada diri peserta didik sehingga menjadi manusia yang betul-betul beriman dan bertakwa kepada Tuhannya.
2.      Dimensi diri-manusia (self),berkenaan dengan potensi-potensi bawaan manusia yang beragam itu dapat berkembang secara optimal sehingga berkemampuan secara berkelanjutandalam melaksanakan tugas kehidupan. Jadi, tujuan pendidikan di sini adalah untuk menumbuh-kembangkan kesadaran dan pemahaman peserta didik tentang potensi dirinya dan membangun semangat untuk mengembangkan potensi diri yang memungkinkannya untuk menjadi manusia percaya diri dan mandiri.
3.      Dimensi sosial, berkenaan dengan bagaimana manusia mampu membangun dan mengembangkan interaksi sosialnya,baik antara individu dengan individu maupun individu dengan kelompok. Tujuan pendidikan dalam konteks ini adalah menumbuh-kembangkan kekesadaran,kemauan,dan kemampuan peserta didik untuk berinteraksi dengan sesama peserta peserta didik,guru,dan lingkungannya (keluarga dan masyarakat)
4.      Dimensi ekonomi, berkenaan dengan bagaimana manusia mampu meningkatkan pendapatan secara berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat ekonomi. Tujuan pendidikan dalam dimensi ini adalah menumbuh-kembangkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya pengetahuan baru, ketrampilan baru, dan sikap baru serta kemauan menerapkannya dalam kehisupan sehari-hari sehingga terjadi peningkatan pendapatan, tabungan, dan modal berinvestasi untuk kepentingan dan kemajuan kehidupannya di masa depan.
5.      Dimensi budaya, berkenaan bagaimana manusia memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya lama yang masih relevan untuk kehidupan masa sekarang dan masa mendatang.tujuan pendidikan di sini adalah nilai-nilai budaya peserta didik agar mereka memiliki kesadaran dan kemauan untuk memahami dan memelihara nilai-nilai budaya yang diwariskan oleh generasi terdahulu untuk kemajuan diri,bangsa dan negaranya.
6.      Dimensi politik, berkenaan dengan bagaimana masyarakat memiliki kesadaran dan kemampuan untuk mengambil bagian dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaannya mengenai berbagai kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kepentingan hidupnya. Tujuan pendidikan adalah untuk menumbuh-kembangkan kesadaran pada diri peserta didik tentang pentingnya keikutsertaan dalam proses dan pelaksanaan keputusan yang berkenaan dengan kepentingan hidupnya.
7.      Dimensi keamanan,berkenaan dengan bagaimana suatu masyarakat memahami tentang pentingnya keamanan dalam kehidupan dan kesiapan untuk ambil bagian dalam usaha menciptakan keamanan dalam kehidupan masyarakat. Tujuan pendidikan adalah menanamkan pada diri peserta didik tentang pentingnya keamanan dan membangun kesadaran diri dan kewajiban untuk ikut menciptakan keamanan dalam kehidupan masyarakat, baik keamanan diri (kesehatan/fisik dan psikologis) dan harta kekayaan maupun lingkungan alam sekitar.
8.      Dimensi IPTEK,berkaitan dengan bagaimana masyarakat menyadari pentingnya pemanfaatan perkembangan IPTEK untuk proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan adalah menumbuh-kembangkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya IPTEK dan kemauan serta kemampuan mendayagunakan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari.






.









BAB IIIPENUTUP

Tujuan pendidikan antra satu negara dengan negara yang lain, antara satu masyarakat  dengan masyarakat yang laiun dapat berbeda karena latar belakang, pontesi, dan falsafah bangsa dan negarannya yang berbeda. Bahkan, tujuan dan fungsi pendidikan juga berbeda di antara bangsa dan negara yang berbeda. Namun demikian, secara umum tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan pontensi bawaan manusia agar agar dapat perkembangan secara optimal dan mampu melakukan tugas  dan kewajiban sebagai khalifah di bumi dan secara lebih sepesifik  sebagai  subjek pembangunan guna mencapai kebahagiaan hidup sekarang dan masa mendatang. Dan masa mendapat. Fungsi pendidikan adalah sebagai istrumen penting yang diperlukan  untuk membantu proses menumbuh-kembangkan potensi,bakat,dan minat peserta didik secara efektif guna mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan
















DAFTAR PUSTAKA



1.     Ahmadi, rulam .2014.  Pengantar Pendidikan :  Asas & Filsafat  Pendidikan. Yogyakarta : Ar-ruz.





Itulah tadi makalah tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan. Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownloadnya. Semoga makalah yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya. Terimakasih

Klik link untuk mendownload makalah Fungsi Dan Tujuan Pendidikan, 


1 Response to "Contoh Makalah Tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan"