Contoh Makalah Tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan | Makalah yang akan kami bahas sekarang adalah makalah tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan. Didalam makalah ini akan dibahas sejelas jelasnya apa saja tujuan dan fungsi dari pendidikan.
Nah, jika ingin melihat isi dari makalah tersebut, silahkan klik link dibawah ini untuk mendownloadnya.
Download Contoh Makalah Tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan
Dibawah ini saya tampilkan beberapa isi dari makalah tersebut. Semoga dapat anda gunakan sebagai referensi pembuatan makalah anda.
Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh. Alhamdulillahirabilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan,
tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah
Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya
yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
dengan judul ”TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN”.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari
berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis
(yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari
sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit
kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis
berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu
ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap
agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Yogyakarta,16
Oktober 2014
Penyusun
Seorang calon pendidik hanya dapat
melaksanakan tugasnya denganbaik jika memperoleh jawaban yang jelas dan benar tentang
apa yang dimaksud pendidikan. Jawaban yang benar tentang pendidikan diperoleh
melalui pemahaman terhadap unsur-unsurnya, konsepdasar yang melandasinya, dan
wujud pendidikan sebagai sistem.
Ketika semuaunsurpendidikanmengetahuiperannyamasing-
masing, makainiakanmempermudahdalammenggapaitujuandaripendidikantersebut.
Namun, sekedar mengetahui bukanlah hal yang dianggap cukup.Kesadaran akan
pengaplikasian yang penuh keikhlasan adalah sesuatu yang lebih penting karena
dalam mendidik dibutuhkan seorang pendidik yang tangguh dan penuh kesabaran
dalam menyalurkan segala ilmu yang ia punya.
Maka dari itu kita membuat makalah
ini agar dapat lebih memahami fungsi dan tujuan
pendidikan guru dan calon guru.
1. Apa yang di maksud dengan tujuan
pendidikan?
2. Apa yang dimaksud dengan fungsi
pendidikan?
1. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi
pendidikan
2. Untuk memenuhi mata kuliah pengantar
pendidikan
A. Tujuan dan Fungsi Pendidikan Secara Umum
Pendidikan
diupayakan dengan berawal dari manusia apa adanya (aktualisasi) dengan
mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang apa adanya (potensialitas), dan
diarahkan menuju terwujudnya manusia yang seharusnya atau manusia yang
dicita-citakan (idealitas). Tujuan pendidikan itu tiada lain adalah manusia
yang beriman dan bertaqwa kapada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cerdas,
berperasaan, berkemauan, dan mampu berkarya; mampu memenuhi berbagai kebutuhan
secara wajar, mampu mngendalikan hawa nafsunya; berkepribadian, bermasyarakat
dan berbudaya. Implikasinya, pendidikan harus berfungsi untuk mewujudkan
(mengembangkan) berbagai potensi yang ada pada manusia dalam konteks dimensi
keberagaman, moralitas, moralitas, individualitas/personalitas, sosialitas dan
keberbudayaan secara menyeluruh dan terintegrasi. Dengan kata lain, pendidikan
berfungsi untuk memanusiakan manusia.
Tujuan
Pendidikan Nasional, sesuai dengan Tap MPRS No. XXVI/MPRS/1966 tentang Agama,
pendidikan dan kebudayaan, maka dirumuskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk
membentuk manusia Pancasila sejati berdasarkan pembukaan UUD 1945. Selanjutnya
dalam UU No. 2 tahun 1989 ditegaskan lagi bahwa pendidikan nasional bertujuan
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME dan
berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
Fungsi dan tujuan pendidikan dalam
UU RI Nomor 20 Tahun 2003,Bab II Pasal 3 disebutkan sebagai berikut,”Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa,bertujuan
untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertangggung
jawab”.
1. Fungsi Pendidikan: serangkaian tugas atau misi
yang diemban dan harus dilaksanakan oleh pendidikan
2. Fungsi pendidikan keluarga, mengembangkan
keyakinan beragama, nilai-nilai kebudayaan, nilai moral dan ketrampilan
3. Fungsi pendidikan sekolah, memberikan berbagai
pengetahuan dan ketrampilan serta mengembangkan berbagai nilai dan sikap.
4. Fungsi pendidikan luar sekolah, mengembangkan
pengetahuan dan kemampuan warga masyarakat untuk berperan dalam berbagai bidang
kehidupan secara produktif, efisien dan efektif
Menurut
Havelock & Huberman (1997: 25),sistem pendidikan suatu negara memiliki
beberapa fungsi sebagai berikut :
1. Untuk
menciptakan pemahaman identitas nasional melalui pengajaran sejarah dan
peristiwa-peristiwa yang terjadi.
2. Untuk
memberikan bahasa percakapan dan tulis secara umum yang mungkin tidak ada orang
yang mengadakan sebelumnya.
3. Untuk
menanamkan seperangkat nilai-nilai sosial politik.
4. Untuk
memberikan seperangkat keterampilan spesifik yang akan memungkinkan ekonomi
yang seimbang dan terpadu menjadi kenyataan.
Tujuan
pendidikan menurut UNESCO pada 2015 ada enam tujuan pendidikan yang disepakati
secara internasional untuk memenuhi kebutuhan belajar semua anak,remaja dan
dewasa.
Tujuan
1 : Memperluas dan meningkatkan keperawatan dan pendidikan anak usia dini yang
komperhensif,terutama bagi anak-anak yang paling rentan dam kurang beruntung.
Tujuan
2 : Memastikan bahwa tahun 2015,semua anak khususnya anak perempuan,anak-anak dalam
keadaan sulit dan mereka yang termasuk etnik minoritas,memiliki akses ke
pendidikan dasar lengkap,gratis dan wajib dengan kualitas yang baik.
Tujuan
3 : Memastikan kebutuhan belajar semua anak muda dan orang dewasa terpenuhi
melalui akses yang adil terhadap pembelajaran yang tepat dan program
ketrampilan hidup.
Tujuan 4 : Mencapai 50 persen perbaikan dalam tingkat keaksaran
dewasa menjelang tahun 2015 terutama bagi perempuan,dan akses yang adil pada
pendidikan dasar dan berkelanjutan bagi semua orang dewasa
Tujuan 5 : Menghapus disparitas gender dalam pendidikan dasar
dan menengah pada 2005 dan mencapai kesetaraan gender dalam pendidikan pada
2015 dengan fokus jaminan bagi perempuan
atas akses penuh dan sama pada prestasi dalam pendidikan dasar dengan kualitas
yang baik
Tujuan 6 : meningkatkan semua akses pendidikan dan memastikan
keunggulan semua sehingga hasil
pembelajaran yang diakui dan terukur dicapai oleh semua,terutama
aksaran,berhitung,dan ketrampilan hidup yang penting.
Tujuan pendidikan menurut Havelock
& Huberman (1977: 35),dalam suatu sistem yang paling besar adalah sistem
pendidikan ,termasuk unsur-unsur pendidikan formal dan non formal; yang
bertujuan lebih baik unuk pembangunan negara secara keseluruhan melalui
penyediaan tenaga kerja yang terampil untuk peranan-peranan yang beragam dan
melaluipengajaran pada generasi baru mengenai tujuan –tujuan masyarakat secara
menyeluruh dan alat-alat pemenuhan mereka
Ivan Illich (Mudyaharjo,2002:49)
berpendapat bahwa suatu sistem pendidikan yang baik harus mempunyai tiga
tujuan.
1.
Memberikan kesempatan
kepada semua orang untuk bebas dan mudah memperoleh sumber belajar pada setiap
saat.
2.
Memungkinkan semua
orang yang ingin memberikan pengetahuan mereka kepada orang lain dengan mudah
melakukannya,demikian pula bagi yang ingin mendapatkannya.
3.
Menjamin tersedianya
masukan umum yang berkenaan dengan pendidikan.
Ivan
Illich menekankan pada adanya kebebasan setiap orang untuk memperoleh akses
pada sumber-sumber belajar yang memungkinkan mereka leluasa mengembangkan
potensi dirinya guna mencapai tujuan hidup mereka.
Tujuan Pendidikan Nasional di
Negara Indonesia adalah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia,yaitu
manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,berbudi pekerti
luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh ,cerdas ,kreatif ,trampil ,disiplin
,beretos kerja ,profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat
jasmani dan ruhani.Pendidikan juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan
mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan, dan
kesetiakawanan sosial serta sadar pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa
para pahlawan serta berorientasi masa depan. Iklim belajar dan mengajar yang
dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan budaya belajar di kalangan masyarakat
terus dikembangkan agar tumbuh sikap dan perilaku yang kreatif,inovatif, dan
keinginan untuk maju (GBHN,1993: 95).
Berdasarkan
kutipan diatas,dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan secara umum adalah
mengembangkann segala potensi bawaan manusia secara integral,silmutan,dan
berkelanjutan agar menusia mampu melaksanakan tugas dan kewajiban dalam
kehidupan guna mencapai kebahagian di masa sekarang dan masa mendatang.
Dimensi-dimensi kehidupan manusia antara
lain :
1. Dimensi
religi,berkaitan dengan bagaimana manusia dapat melaksanakan ajaran agamanya
(ibadah) yang sifat nya berhubungan langsung antara manusia dengan Tuhannya.
Tujuan pendidikan di sini adalah untuk membangun kesadaran beragama,membina,
dan meningkatkan pengalaman agama pada diri peserta didik sehingga menjadi
manusia yang betul-betul beriman dan bertakwa kepada Tuhannya.
2. Dimensi
diri-manusia (self),berkenaan dengan potensi-potensi bawaan manusia yang
beragam itu dapat berkembang secara optimal sehingga berkemampuan secara
berkelanjutandalam melaksanakan tugas kehidupan. Jadi, tujuan pendidikan di
sini adalah untuk menumbuh-kembangkan kesadaran dan pemahaman peserta didik
tentang potensi dirinya dan membangun semangat untuk mengembangkan potensi diri
yang memungkinkannya untuk menjadi manusia percaya diri dan mandiri.
3. Dimensi
sosial, berkenaan dengan bagaimana manusia mampu membangun dan mengembangkan
interaksi sosialnya,baik antara individu dengan individu maupun individu dengan
kelompok. Tujuan pendidikan dalam konteks ini adalah menumbuh-kembangkan
kekesadaran,kemauan,dan kemampuan peserta didik untuk berinteraksi dengan
sesama peserta peserta didik,guru,dan lingkungannya (keluarga dan masyarakat)
4. Dimensi
ekonomi, berkenaan dengan bagaimana manusia mampu meningkatkan pendapatan
secara berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat ekonomi.
Tujuan pendidikan dalam dimensi ini adalah menumbuh-kembangkan kesadaran
peserta didik tentang pentingnya pengetahuan baru, ketrampilan baru, dan sikap
baru serta kemauan menerapkannya dalam kehisupan sehari-hari sehingga terjadi
peningkatan pendapatan, tabungan, dan modal berinvestasi untuk kepentingan dan
kemajuan kehidupannya di masa depan.
5. Dimensi
budaya, berkenaan bagaimana manusia memelihara dan mengembangkan nilai-nilai
budaya lama yang masih relevan untuk kehidupan masa sekarang dan masa
mendatang.tujuan pendidikan di sini adalah nilai-nilai budaya peserta didik
agar mereka memiliki kesadaran dan kemauan untuk memahami dan memelihara
nilai-nilai budaya yang diwariskan oleh generasi terdahulu untuk kemajuan
diri,bangsa dan negaranya.
6. Dimensi
politik, berkenaan dengan bagaimana masyarakat memiliki kesadaran dan kemampuan
untuk mengambil bagian dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaannya
mengenai berbagai kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kepentingan
hidupnya. Tujuan pendidikan adalah untuk menumbuh-kembangkan kesadaran pada
diri peserta didik tentang pentingnya keikutsertaan dalam proses dan
pelaksanaan keputusan yang berkenaan dengan kepentingan hidupnya.
7. Dimensi
keamanan,berkenaan dengan bagaimana suatu masyarakat memahami tentang
pentingnya keamanan dalam kehidupan dan kesiapan untuk ambil bagian dalam usaha
menciptakan keamanan dalam kehidupan masyarakat. Tujuan pendidikan adalah
menanamkan pada diri peserta didik tentang pentingnya keamanan dan membangun
kesadaran diri dan kewajiban untuk ikut menciptakan keamanan dalam kehidupan
masyarakat, baik keamanan diri (kesehatan/fisik dan psikologis) dan harta
kekayaan maupun lingkungan alam sekitar.
8. Dimensi
IPTEK,berkaitan dengan bagaimana masyarakat menyadari pentingnya pemanfaatan
perkembangan IPTEK untuk proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi dalam
kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan adalah menumbuh-kembangkan kesadaran
peserta didik tentang pentingnya IPTEK dan kemauan serta kemampuan
mendayagunakan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari.
.
Tujuan pendidikan
antra satu negara dengan negara yang lain, antara satu masyarakat dengan masyarakat yang laiun dapat berbeda
karena latar belakang, pontesi, dan falsafah bangsa dan negarannya yang
berbeda. Bahkan, tujuan dan fungsi pendidikan juga berbeda di antara bangsa dan
negara yang berbeda. Namun demikian, secara umum tujuan pendidikan adalah untuk
mengembangkan pontensi bawaan manusia agar agar dapat perkembangan secara
optimal dan mampu melakukan tugas dan
kewajiban sebagai khalifah di bumi dan secara lebih sepesifik sebagai
subjek pembangunan guna mencapai kebahagiaan hidup sekarang dan masa
mendatang. Dan masa mendapat. Fungsi pendidikan adalah sebagai istrumen penting
yang diperlukan untuk membantu proses
menumbuh-kembangkan potensi,bakat,dan minat peserta didik secara efektif guna
mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Ahmadi, rulam .2014. Pengantar
Pendidikan : Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta : Ar-ruz.
Itulah tadi makalah tentang Tujuan Dan Fungsi Pendidikan. Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownloadnya. Semoga makalah yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya. Terimakasih
Klik link untuk mendownload makalah Fungsi Dan Tujuan Pendidikan,
CINCIN EMAS |
ReplyDeleteCINCIN KAWIN |
CINCIN PERNIKAHAN |
CINCIN PLATINA
Isinya bagus, kunjungi juga
ReplyDeleteSumber Makalah, Artikel, dan Lainnya